Langsung ke konten utama

Persaingan antara BlackBerry dan NOKIA





Beberapa waktu yang lalu telah terjadi persaingan antara dua raksasa Smartphone pada zamannya yaitu BlackBerry bisa disebut juga BB dan Nokia, kedua raksasa ini mempunyai banyak kiat-kiat untuk bertahan dari persainagn yang teramatlah ketat untuk di dunia Smartphone zaman sekarang. ada juga kisah jatuh bangunnya dua raksasa ini melawan pesaing-pesaing lainnya. Simaklah berikut ini. 

Nokia jadi raja ponsel di era 90-an dan 2000-an
Keperkasaan Nokia pada masanya bermula sejak tahun 1992 di mana perusahaan asal Finlandia tersebut menelurkan telepon seluler dengan jaringan GSM pertama, yakni Nokia 1011 yang memiliki antena. Seiring berkembangnya zaman Nokia terus berinovasi dalam dunia telepon seluler. Dari yang monokrom, menjadi ponsel berwarna, kemudian penggagas ponsel khusus bermain game pertama yakni N-Gage, hingga ponsel berkamera. 

Pada saat itu Nokia memiliki beberapa kompetitor, yakni Sony Ericsson, Samsung, dan Motorola. Tapi Nokia tetap menjadi raja dengan mendominasi perangkat paling banyak digunakan di dunia. Awal era milenium, yakni 2000-an, Nokia masih menjadi yang nomor satu. Terlebih dengan ponsel inovasi baru untuk para pebisnis, yakni comunicator. Namun perlahan-lahan, ketenaran Nokia tergerus oleh hadirnya pendatang baru yang menggebrak pasar dunia, tak terkecuali Indonesia. Yakni perangkat dengan keypad Qwerty yang pada masanya menjadi primadona, BlackBerry.

BlackBerry mengambil alih posisi Nokia
Perusahaan asal Kanada, Research In Motion (RIM), memperkenalkan ponsel pintar dengan keypad yang lebih mudah dan lebih nyaman untuk melakukan aktivitas olah pesan. BlackBerry menjadi promotor dalam perangkat dengan keypad berbentuk seperti keyboard komputer. Tahun 2006 adalah tahunnya orang-orang giat memburu BlackBerry demi merasakan kecanggihan telepon dalam genggaman. Saat-saat itu pula ponsel smartphone diperkenalkan.

Selain karena keypad Qwerty andalannya, BlackBerry juga memiliki keunggulan lewat fitur-fitur lain yang inovatif. Layanan push email, aplikasi Documents To Go, hingga fitur andalan BlackBerry Messenger. Nokia pada saat itu tak ketinggalan tren dengan merilis ponsel dengan keypad Qwerty seperti BlackBerry, tak terkecuali ponsel merek lain. Namun sistem operasi Symbian menjadi pembeda teknologi Nokia dan BlackBerry. Lambat laun Nokia mulai melindap, dan BlackBerry kian bersinar.

BlackBerry tersaingi Android & iPhone

Tak terjadi begitu saja memang. Saat diluncurkannya iPhone pada 2007 dan ponsel Android jelang akhir 2008, BlackBerry masih tetap kokoh. RIM terus berinovasi mengeluarkan perangkat-perangkat terbaru menyusul hadirnya teknologi baru yang diperkenalkan Android dan Apple. BlackBerry merilis ponsel layar sentuh pada 2008 agar tak tersaingi dengan ponsel-ponsel berbasis Android. Hingga 2010, BlackBerry masih tenang karena tak adanya tanda-tanda kejatuhan. Namun masalah mulai merintang di tahun 2011.

BlackBerry ingin menyaingi kesuksesan iPad dengan meluncurkan PlayBook, tablet keluaran BlackBerry. Tapi perangkat tersebut malah menjadi bumerang kerugian bagi RIM. Di tahun yang sama, jaringan BlackBerry berkali-kali mengalami kelumpuhan sehingga tak dapat diakses oleh penggunanya. Ini membuat banyak pelanggan menjadi geram dan mulai beralih ke perangkat lain. Saat itu iPhone dan Android terus mengeluarkan produk terbaru dengan keunggulan-keunggulan fitur baru yang memukul jatuh BlackBerry. RIM mulai kepayahan berjuang di tengah persaingan. Mulai saat itu juga, BlackBerry perlahan-lahan tenggelam. BlackBerry seperti mengikuti jejak takdir perusahaan Finlandia, Nokia.

Nokia bangkit, pukul balas BlackBerry

Nokia sempat tak ada kabarnya, tenggelam oleh euforia BlackBerry, Android, dan iPhone. Masih memegang julukan feature phone, Nokia melepas sistem operasi Symbian yang selama ini dipakainya hingga 2012. Awal 2013, Nokia mengganti sistem operasi jadi Windows Phone besutan Microsoft. Namun sistem operasi baru tersebut belum bisa menyamai kemegahan Android dan iOS. Nokia masih berdarah-darah untuk bangkit. Hingga hampir mengalami kebangkrutan, perusahaan Finlandia tersebut resmi dibeli oleh raksasa piranti lunak Microsoft.

Sejak akuisisi yang dilakukan Microsoft, Nokia mulai menampakkan taringnya kembali. Penjualannya di Eropa dan Amerika meningkat. Penjualan di tiap kuartal tahun 2013 pun terus menanjak. Bahkan, mengalahkan penjualan perangkat BlackBerry 10 yang gagal di pasaran. Nokia dengan Windows Phone mulai melakukan pembalasan dendam. Terkini, Nokia baru saja melakukan acara peluncuran berbagai perangkat terbarunya dengan tajuk Nokia World di Abu Dhabi 22 Oktober lalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 CONTOH KASUS PELANGGARAN ETIKA PROFESI

1.          Kasus KPMG-Siddharta Siddharta & Harsono yang diduga menyuap pajak. September tahun 2001, KPMG-Siddharta Siddharta & Harsono harus menanggung malu. Kantor akuntan publik ternama ini terbukti menyogok aparat pajak di Indonesia sebesar US$ 75 ribu. Sebagai siasat, diterbitkan faktur palsu untuk biaya jasa profesional KPMG yang harus dibayar kliennya PT Easman Christensen, anak perusahaan Baker Hughes Inc. yang tercatat di bursa New York. Berkat aksi sogok ini, kewajiban pajak Easman memang susut drastis. Dari semula US$ 3,2 juta menjadi hanya US$ 270 ribu. Namun, Penasihat Anti Suap Baker rupanya was-was dengan polah anak perusahaannya. Maka, ketimbang menanggung risiko lebih besar, Baker melaporkan secara suka rela kasus ini dan memecat eksekutifnya. Badan pengawas pasar modal AS, Securities & Exchange Commission, menjeratnya dengan Foreign Corrupt Practices Act, undang-undang anti korupsi buat perusahaan Amerika di luar negeri. Akibatnya, hampi

Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah

Kelebihan dan Kekurangan Bank Konvensional dan Bank Syariah 1.       Kelebihan dan Kekurangan Bank Konvensional 1)       Kelebihan Bank Konvensional a.        Nasabah terbiasa dengan metode bunga dibandingkan metode bagi hasil Benar atau tidaknya kembali pada Anda, tapi begitulah kenyataannya. Tidak beragama Islam atau agama yang lain, masyarakat Indonesia lebih mengenal dan terbiasa system bunga dari pada system bagi hasil, walaupun dalam Islam sungguh diharamkan system bunga itu sendiri. Dari keterangan tersebut Nasabah lebih memilih metode bunga yang telah dikenal rakyat kita ini. b.       Bank konvensional lebih beragam Alasan kedua dari  kelebihan dan kekurangan bank konvensional  ini yaitu tentang bank konvensional lebih beragam. Kenapa kami bisa bilang begitu? Karena benar adanya bahwa di bank konvensional yang mana menerapkan system bunga ini lebih kreatif dalam menciptakan produk-produk, kita ambil sebagai contoh yaitu bunga berbunga pada saat menabung di bank kon

Sejarah The Tielman Brothers

Sejarah The Tielman Brothers (indonesia) Tielman Brothers Tielman Brothers The Tielman Brothers adalah sebuah grup musik  bersejarah  asal Indonesia.Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal Semarang Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers adalah yang band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno.[1] . Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri, nama T